Langsung ke konten utama

Kuliner Bekasi - Sop Janda, Cikarang


#385
Kuliner Bekasi
SOP JANDA
Jalan Raya Industri No. 183B, Pasir Gombong - Cikarang
Telp: (021) 8983015


Namanya memang memancing rasa penasaran, Sop Janda. Tapi janda disini ternyata yaitu abreviasi dari Jawa-Sunda, ya memang katanya racikan sajian di tempat makan yang satu ini yaitu paduan dari citarasa jawa dan sunda. Entah benar atau tidak. Tapi yang terang Sop Janda yang berada di daerah Jababeka Cikarang ini menghadirkan sajian utama sop yang berbeda. Perbedaan pertama tampak saat kita memesan, sang pramusaji eksklusif menanyakan tingkat kepedasan yang diinginkan, dan hanya dua pilihan yang ia ucapkan: sedang atau pedas. Saya memesan Sop Kaki Janda dengan tingkat kepedasan sedang, harganya satu porsi 55ribu. Terasa mahal tapi ternyata yang hadir semangkuk besar sop dengan serpihan kaki sapi yang berlimpah. Ini sih dimakan berdua juga belum tentu habis. Tidak hanya daging, tampak juga cabai rawit yang berlimpah di dalam kuah sop ini. Inilah kunci kesejukan kuah sop ini sekaligus sumber rasa pedas yang menjadi andalan dari Sop Janda ini. Kaki sapi yang kenyal pun memperlihatkan kenikmatan sendiri, sehingga tidak puas memakai sendok, risikonya aku harus "turun tangan" juga.

Menu Sop Janda (Rp. 27k)
Ada juga sajian Sop Janda, yang berisi tulang dan daging sapi, tetapi dalam porsi yang lebih kecil. Seporsi harganya Rp. 27ribu. Bisa pilih paket sop janda keren dengan harga Rp. 55ribu tapi sudah ditambah dengan nasi, sate sapi sebanyak tiga tusuk dan teh botol. Oh iya, nasi di tempat ini bebas ngambil sendiri loh, dan sepertinya "free flow", cocok buat yang rongga lambung untuk nasinya besar :). Cuma aku kurang puas dengan sop janda standar ini, dagingnya agak keras dan kurang banyak hehehe. Sate sapinya juga kurang nendang, dan teksturnya masih agak alot. Kaprikornus pilihan aku di tempat ini jatuh ke Sop Kaki Janda nya. Ada satu lagi sajian andalannya yaitu Sop Janda Heboh yang berisikan daging iga sapi, tapi yang satu ini aku belum sempet coba.

Kedai Sop Janda di Jl Raya Industri - Cikarang (arah SGC)
Sop Janda ini berlokasi di daerah Jababeka Cikarang, tepatnya di Jalan Raya Industri tidak jauh dari Pintu 7 yang mengarah ke Sentra Grosir Cikarang (SGC). Berada di daerah industri, tidak heran bila di jam makan siang tempat makan ini dipenuhi para pekerja yang ingin mencicipi segar dan pedasnya kuah sop janda. Tapi siap-siap saja bermandi peluh yah, sebab tidak hanya kuah yang panas dan pedas, tapi udara daerah Cikarang yang juga panas juga akan siap menyambut kita. Apalagi tempat makan ini tidak berpendingin ruangan. Walaupun begitu, tetap saja Sop Janda ini selalu menarik hati para pelanggannya untuk kembali menyeruput kuahnya yang memang beda.

Peta dan Alamat Sop Janda Cikarang:
Jalan Raya Industri No. 183B, Pasir Gombong
Koordinat GPS: -6.287091, 107.152476


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kuliner Cirebon - Nasi Jamblang Ibu Nur

#326 Nasi Jamblang Ibu Nur Jl. Cangkring II No. 34 Cirebon Dahulu konon Nasi Jamblang merupakan santapan para pekerja garang dan buruh di zaman penjajahan belanda, tapi sekarang Nasi Jamblang menjadi salah satu ikon kuliner bagi kota Cirebon yang dijajakan di banyak tempat. Salah satu penjual Nasi Jamblang yang kondang di kota ini adalah Nasi Jamblang Ibu Nur . Kita diberi sebuah piring beralaskan daun jati (ciri khas dari sajian nasi jamblang), yang pertama akan diisi dengan nasi berukuran kecil (seperti nasi kucing di Jogja). Kemudian kita sanggup menentukan aneka lauk yang disajikan secara prasmanan. Lauk yang aku comot pada kesempatan ini, dan juga hasil rekomendasi dari salah satu pakar kuliner yang juga "putra daerah" Koh Jeffry Sie , adalah: Cumi saus hitam, Otak Sapi Goreng, Perkedel Kentang Kering, Sate Kentang dan Pepes Telur Asin . Butuh usaha yang cukup berat memang untuk menghabiskan pilihan aku yang "serakah" ini, tapi memang setiap lauk memper

Kuliner Bogor - Soto Mie Mang Ohim

#355 Kuliner Bogor Soto Mie Mang OHIM Jl. Taman Cimanggu - Bogor Siapa yang tidak kenal dengan soto mie? Sajian yang satu ini banyak diburu para wisatawan yang berburu kuliner khas Bogor. Di banyak sekali titik di kota Bogor ini sanggup kita temui penjaja Soto Mie ini. Salah satunya yang populer yummy ialah Soto Mie Mang Ohim yang membuka kedainya di daerah Taman Cimanggu. Beberapa meja dan peralatan masih dipersiapkan saat aku tiba kesana di suatu pagi. Memang sayalah pelanggan pertamanya di hari itu. Aroma segar nan menarik hati segera menyeruak ke udara begitu panci tempat kuah soto mie ini diolah. Kuah soto bening segera berpindah ke dalam mangkok yang telah diisi mie, bihun, wortel, lobak, kentang, risol, daging, kikil, emping, bawang goreng dan bawang daun. Ritual aku sebelum menambahkan penambah rasa lain ialah menyeruput kuahnya terlebih dahulu biar dapet rasa aslinya. Sluruuuppp, dan ternyata kesejukan kuah Soto Mie eksklusif memanjakan syaraf-syaraf di indera pengecap